Dompu, EN – Setiap akhir pekan di seputar jalan Beringin, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat terlihat ramai.
Disitu terdapat jalan kembar yang panjangnya tidak lebih dari 100 meter. Posisinya tepat di depan Pendopo Bupati, setiap hari minggu pagi selalu dikerumunin banyak orang.
Jalan kembar yang selalu ramai itu juga terdapat taman kota. Selama ini biasa dipakai oleh warga sebagai tempat tongkrongan, kegiatan pemerintahan dan olahraga.
Belakangan, masyarakat datang berduyun duyun. Kali ini mereka tidak sekedar untuk bersantai diakhir pekan atau sekedar berolah raga tanpa hiruk pikuk kendaraan, tetapi mereka bisa menikmati suasana baru.
Beberapa pelaku UMKM Dompu dibawah asuhan Rumah BUMN (RB) Pertamina Dompu menggagas digelarnya produk terbaik mereka di acara car free day (hari bebas kendaraan), dimulai dari pukul 6 pagi sampai pukul 12 siang, dimana Asisten Supervisor RB Pertamina Dompu Arie Priyono ditunjuk sebagai koordinator.
Kegiatan bazar ini sudah berjalan sekitar dua bulan lebih yang diikuti oleh pelaku UMKM lainnya dengan pengunjung yang semakin banyak.
Terdapat ratusan produk makanan olahan dan minuman produksi rumah tangga yang dijajakan perempuan-perempuan produktif baik makanan nusantara maupun makanan lokal yang tidak kalah saing. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, sehingga tidaklah heran jika dagangan mereka habis diborong.
Warga yang doyan makanan olahan halal dan higienis itu bisa berbelanja dibungkus dan dibawa pulang. Namun lebih seru dan santai jika langsung dinikmati ditempat.
Selain bisa memanjakan selera dengan makanan olahan UMKM, warga sekalian bisa ngezumba bersama ikatan olahraga senam kreasi Indonesia (IOSKI) Kabupaten Dompu dengan instruktur Fika dan Mega.
RB Pertamina Dompu sudah 3 tahun berkiprah, sebuah lembaga yang menjadi mitra strategis pemerintah dan menjadi wadah bagi para emak-emak yang kreatif di sektor UMKM. Disini mereka diberikan pembinaan, pelatihan keterampilan, dan pendampingan pengurusan legalitas usaha sehingga produk UMKM bisa naik kelas dan bisa menembus pasar global melalui program go moderen, go digital, go online dan go global.