SUARABBC, Dompu – Era 4.0 dalam dunia digital, disadari oleh BUMN Pertamina adalah tantangan, namun sekaligus peluang besar yang harus ditangkap didalam menyokong kemajuan perekonomian Negara.
Dalam mendorong kemajuan ekonomi Negara, selain Pertamina sebagai sektor strategis penyumbang terbesar pendapat Negara dalam postur APBN, Pertamina juga menyasar sektor perekonomian lainnya seperti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, melalui kegiatan daya dukung memajukan industri kecil berbasis rumah tangga.
Sektor UMKM belakangan makin banyak digandrungi oleh masyarakat, karena peluang untuk berkembang menunjukkan sinyal yang positif.
Diakui, selama ini industri kecil dan menengah ini mengalami kesulitan didalam memasarkan produk. Untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dan memperluas pangsa pasar, dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Pelaku UMKM mengalami kendala dalam hal ini.
Seiring perkembangan teknologi dan informasi, Pertamina secara langsung ikut terlibat mendorong dan mendukung kemajuan UMKM melalui pemanfaatan teknologi informasi yang sudah berada dalam genggaman tanggan masyarakat.
Jika diamati, hampir semua para pelaku UMKM sudah familiar dengan teknologi informasi seperti hand phone. Gadget adalah tempat bercokol nya aplikasi penjualan produk secara online dan aplikasi media sosial.
Bagi kalangan menengah kebawah dalam konteks pelaku UMKM, aplikasi penjuala online belum bisa dijangkau secara luas. Kendati demikian, para pelaku UMKM sudah terbuka pikirannya sehingga sadar untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menjual produk unggulannya.
Sehingga, keberadaan media sosial seperti facebook, instagram, aplikasi whatsapp dan line betul-betul dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku UMKM.
Namun, memanfaatkan media sosial tentu tidak sekedar dimanfaatkan begitu saja untuk menyasar konsumen atau netizen didalam menyebarluaskan produk, karena jika salah memanfaatkan media sosial untuk penjualan bisa saja tidak dihiraukan oleh pengguna media sosial.
Sejatinya para pelaku UMKM harus memiliki ilmu yang cukup bagaimana memanfaatkan media sosial secara optimal, agar promosi produk sesuai harapan.